Keindahan Pulau Takabonerate di Sulawesi Selatan

Pulau Takabonerate merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Terletak di Kecamatan Takabonerate, salah satu wilayah yang terpisah dari kepulauan Selayar, yang masuk berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Kota Benteng, Ibu Kota Kepulauan Selayar, Takabonerate dapat diakses dengan perjalanan menggunakan kapal laut selama kurang lebih 6 sampai 8 jam dari Pelabuhan Pattumbukan yang terletak di ujung utara Pulau Selayar.

Pulau Takabonerate merupakan taman nasional laut yang memiliki jajaran karang atol yang cukup besar, bahkan kabarnya terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Maldives. Luas karang atol tersebut sekitar 220.000 hektar dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 kilometer persegi.

Pulau–pulau di kawasan ini menawarkan panorama pantai berpasir putih, dengan air laut yang jernih serta pemandangan alam bawah laut yang menawan. Sangat cocok untuk aktivitas diving dan snorkeling dan sunbathing. Selain itu, taman nasional laut Takabonerate juga terkenal dengan keberadaan kawanan bayi hiu yang banyak terlihat di Pulau Tinabo, salah satu pulau dalam kawasan tersebut. Keindahan di bawah laut dan keberadaan beberapa pulau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai diving. Apakah anda tertarik untuk mengunjunginya?