Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Masih Ada Banyak Spesias Langka Yang Dilindungi Disana

Pulau Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, Biduk Biduk dan Berau. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya taman bawah laut yang diminati wisatawan mancanegara, terutama bagi mereka yang hobi menyelam.

Sedikitnya ada tiga pulau yang berdekatan dengan Pulau Derawan, yakni Pulau Maratua, Sangalaki dan Kakaban yang kesemuanya tidak ada perkampungannya dan hanya terdapat resort-resort eksklusif. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem di pesisir dan pulau kecil yang sangat penting, yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove. Selain itu juga terdapat banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Saat berada di Pulau Derawan, anda bisa melakukan kegiatan menyelam, bersepeda mengelilingi pulau, bermain di pantai dengan pasir putihnya, mengunjungi Gusung Pasir Sanggalau, menikmati sunset di dermaga panjang yang menjorok ke laut, snorkeling, dan melihat penyu bertelur saat malam hari.

Selain Pulau Maratua, sangalaki dan Kakaban, di sekitar Pulau Derawan juga terdapat gugusan pulau lain. Yakni Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Nabuko, dan beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.

Untuk menuju ke Pulau Derawan, ada 2 pilihan yang terbilang mudah. Yang pertama adalah dengan cara terbang ke Tarakan, disambung dengan angkutan umum ke Pelabuhan Tengkayu Tarakan, kemudian menggunakan speedboat ke Pulau Derawan. Dan yang kedua adalah terbang ke Berau, disambung dengan perjalanan darat menggunakan mobil selama 2,5 – 3 jam ke Pelabuhan Tanjung Batu, kemudian menggunakan speedboat selama 30 – 45 menit ke Pulau Derawan.

Dari Pulau Derawan kita bisa melakukan island hoopping seharian mengunjungi Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan singgah ke beberapa tempat menarik lainnya, seperti Gusung Pasir Sanggalau dan Gua Halo Tabung. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk kesana? by: register sakongkiu