WISATA EKSTRIM GOA COBAN PERAWAN

Pernahkah Anda mendengar nama goa Coban Perawan?  Gua yang satu ini terbilang unik karena tidak seperti gua-gua pada umumnya. Dinamakan goa Coban Perawan karena di dalam gua terdapat sebuah aliran sungai dan air terjun. Untuk bisa menjelajahi gua ini, Anda diwajibkan memakai peralatan penjelajahan dan ditemani oleh tour guide demi keselamatan dan keamanan. Karena bagian dalam goa ini cukup curam dan akan sangat berbahaya jika dilewati seorang diri. Meski begitu, perjalanan kamu akan terbayarkan begitu masuk ke dalam goa yang dipenuhi dengan ornament karst, stalakmit, dan stalaktit yang indah.

Panjang goa Coban Perawan sekitar 200 M, cukup panjang untuk menguras energi kita karena medan yang akan dilalui berupa sungai. Maka dari itu untuk menyusuri goa ini pengunjung diharuskan memakai perlengkapan seperti helm dan pelampung standart, peralatan tersebut bisa kita sewa dengan membayar uang Rp 45.000 /orangnya harga tersebut sudah termasuk dengan pemandu. Bagi Anda yang tidak bisa berenang santai saja karena sang pemandu akan membimbing kita selamat sampai tujuan.

Menurut sejarah, goa ini sudah ditemukan puluhan tahun yang lalu, namun karena pada saat itu belum ada media sosial jadi yang tahu hanya masyarakat sekitarnya saja. Dan setelah sekian lama akhirnya ada sekelompok tim ekspedisi yang menelusuri goa ini lagi beberapa tahun lalu. Sejak saat itu wisatawan mulai berdatangan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Goa yang satu ini ini terletak di perbatasan antara dusun Bajulmati dan dusun Umbulrejo kecamatan Gedangan, Malang, Jawa Timur, atau berjarak 75 km dari kota Malang ke arah Selatan. Untuk rute perjalanan termudah anda bisa mengikuti arah kota Malang, kemudian menuju Turen, Sendang Biru hingga sampai ke Bajulmati. Bagi Anda yang menyukai wisata ekstrim, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu objek wisata unggulan kabupaten Malang tersebut.